Pengertian Artikel Beserta Fungsi, Tujuan, Struktur dan Ciri-Ciri Artikel

Pengertian Artikel

Tahukah Anda apa pengertian dari artikel? Pasti Anda sering kali membaca suatu artikel, tapi tahukah anda apa pengertian dari artikel?

Pengertian artikel yaitu sebuah karya tulis yang memiliki panjang yang tertentu dan sering kali berisi fakta maupun gagasan yang bisa meyakinkan. Menghibur. Membujuk dan mendidik para pembacanya. Tidak hanya itu, artikel juga sering dipublikasikan pada sebuah media berupa koran, media sosial, buletin, media sosial, dan media yang lainnya.

Beberapa juga ada yang mengatakan makna dari artikel yaitu merupakan sebuah karangan seperti esai yang memiliki isi untuk dapat menyamoaikan fakta maupun ide dengan cara yang objektif, yang mana memiliki tujuan untuk dapat membujuk, menghibur, hingga meyakinkan para pembacanya. Pada isi sebuah artikel juga terdapat dalam beberapa macam, tergantung dengan topik dari artikel tersebut.

Pengertian Artikel Menurut Beberapa Ahli

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan artikel, Anda dapat mengacu pada pendapat beberapa ahli dibawah ini :

1. Menurut Sunandiria

Sunandiria beranggapan bahwa pengertian dari artikel yaitu sebuah karya tulis lepas yang berisikan sebuah pendapat mengenai masalah yang memiliki sifat aktual, dan juga umumnya artikel memiliki sifat yang kontroversial dengan tujuannya untuk dapat memberitahu, meyakinkan, menghibur, serta mempengaruhi seluruh pembacanya

2. Menurut KKBI

KKBI menyatakan bahwa pengertian dari artikel yaitu sebuah karya tulis yang sengaja dibuat dengan lengkap, contohnya seperti esai yang terdapat pada koran maupun majalah, dan lain-lain.

3. Menurut Rillan E. Wolseley

Rillan E. Wolseley beranggapan bahwa pengertian dari artikel yaitu suatu karangan yang tertulis dan memiliki panjang yang tidak bisa ditentukan. Yang mana memiliki tujuan untuk dapat menyamoaikan fakta atau gagasan dengan maksud mendidik, menghibur serta meyakinkan para pembacanya.

4. Menurut Al – ‘Aqli

Al – ‘Aqli beranggapan bahwa pengertian dari artikel yaitu suatu karya tulis yang sengaja dibuat oleh berbagai disiplin ilmu dan juga setiap pemabahasan tersebut bisa dikaji sekaligus bisa diselesaikan dengan jelas, lugas dan juga tuntas. Dan nantinya pembaca bisa memetik inti sarinya.

5. Menurut Cambridge Dictionary

Cambridge Dictionary menyatakan bahwa pengertian dari artikel yaitu suatu tulisan yang seringkali membahas suatu subjek tertentu dan dapat dipublikasikan ke segala media, contohnya yaitu majalah, internet, dan koran.

Fungsi dan Tujuan Artikel

Pada suatu artikel memiliki fungsi dan tujuannya, yaitu seperti dibawah ini :

  • Dapat menjadi suaru sarana publikasi dari hasil pemikiran yang dilakukan dengan cara ilmiah dan dipublikasikan pada jurnal ilmiah.
  • Dapat menjadi suatu sarana yang berguna untuk dapat menyampaikan pendapat penulis ke pembacanya.
  • Dapat membantu seorang penulis agar lebih memahami apa tujuan dari menulis dan dapat diharapkan agar pembaca tersebut mempunyai kompetensi pada menulis artikel.
  • Dapat membantu seorang penulis agar lebuh berpikir dengan cara yang sistematis dan juga dapat melatih penggunaan suatu bahasa dengan teratur dan juga baik.
  • Dapat memberikan suatu dampak dari akademis ke penulis artikel tersebut.
  • Dapat menjadi suatu cara agar bisa menjelaskan maupun membahas sebuah masalah yang sesuai dengan bidang suatu ilmu tertentu.

Struktur Artikel

Suatu artikel harus memiliki beberapa struktur, dimana hal tersebut dapat menyempurnakan susunan dari artikel tersebut. Berikut struktur artikel yang harus Anda ketahui :

1. Lead/Pembuka

Lead atau pembuka dari suatu artikel yaitu alinea pertama pada awal suatu artikel. Pembuka terdapat beberapa hal yaitu prolog, lead, intro ataupun teras yang biasanya dikenal dengan pembuka.

2. Leher

Pada bagian leher merupakan sambungan dari teras yang berisikan materi yang nantinya akan dapat disajikan di dalam suatu artikel. Pada leher juga sering dikenal dengan pengait atau jembatan. Pada isi sebuah leher artikel tersebut adalah untuk dapat menyampaikan suatu pernyataan maupun uraian yang bisa mengungkapkan sebuah masalah.

3. Tubuh atau isi

Tubuh atau isi dalam sebuah artikel adalah suatu bagian yang terpenting yang terdapat pada proses penulisan dari sebuah artikel. Hal tersebut dikarenakan pada bagian tubuh tersebut semua permasalahan bisa dituangkan. Dan pada bagian tubuh juga dapat berupa uraian yang ekspalanasi.

4. Penutup

Penutup dalam suatu artikel juga umumnya dikenal dengan kaki, ending, atau antiklimaks dari sebuah artikel. Pada bagian tersebut juga memiliki isi kalimat kunci yang dapat merangkum suatu pembahasan ke dalam bentuk kesimpulan yang jelas dan juga ringkas.

Ciri-Ciri Artikel

Artikel memiliki ciri-ciri yang menjadi ciri khasnya. Berikut adalah ciri-ciri artikel :

  • Isi dalam suatu artikel biasanya disampaikan pada suatu artikel yang berdasarkan fakta, bukan fiksi maupun mitos.
  • Biasanya artikel sering dibuat dengan padat, tuntas, ringkas dan jelas.
  • Artikel memiliki sifat yang faktual dan informatif, bisa dipertanggungjawabkan, serta dapat menyampaikan suatu informasi yang didasari oleh sebuah penelitian.
  • Penulisan pada suatu artikel biasanya menggunakan bahasa yang resmi atau baku. Dan kalimatnya pun logis, efektif, denotatif dan lugas.
  • Suatu artikel bisa mengandung pendapat dan juga analisis, tetapi harus didasari oleh data yang valid dan teori.
  • Metode penulisan pada suatu artikel digunakan dengan sistematis, yang mana nantinya pembaca bisa lebih mengerti isinya dengan sangat mudah.

Jenis-Jenis Artikel

Artikel dapat dibedakan dalam beberapa jenis seperti di bawah ini:

1. Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi merupakan suatu jenis artikel yang berbentuk karangan dan isinya menggambarkan mengenai sesuatu hal ke seluruh pembacanya. Dengsn begitu pembaca bisa dapat merasakan, mendengar, dan melihat isi dari deskripsi tersebut.

2. Artikel Argumentasi

Artikel argumentasi merupakan sebuah karangan yang memiliki tujuan mau membuktikan suatu kebenaran dari pendapat dan akan disajikan didalam fakta maupun data yang menjadi alasannya.

3. Artikel Narasi

Artikel narasi merupakan suatu artikel yang berisikan menceritakan mengenai suatu peristiwa dengan sistematis.

4. Artikel Eksposisi

Artikel eksposisi meruoakan suatu artikel yang berisikan untuk menjelaskan mauoun memberikan suatu informasi tentang sebuah topik, agar dapat menambah pengetahuan para pembacanya. Artikel ini dapat dilengkapi dengan gambar maupun grafik.

5. Artikel Persuasi

Artikel persuasi merupakan suatu artikel yang berisikan untuk dapat mempengaruhi para pembacanya, yang mana nantinya mereka bersedia untuk dapat melakukan sesuatu yang sudah disarankan oleh penulis yang terdapat pada karangannya.

Demikianlah pembahasan mengenai artikel serta beberapa hal yang terdapat didalamnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

loading...