Pengertian Prakarya Beserta Tujuan dan Contoh Prakarya

Pengertian Prakarya

Pengertian Prakarya

Prakarya berasal dari kata pra atau sebelum dan karya atau hasil. Prakarya sendiri didefinisikan sebagai hasil kerja yang belum jadi atau bisa dibilang berupa proof of concept atau sebuah prototipe. Prakarya belum mempunyai target pemasaran sehingga hal tersebut belum ada pengguna atau konsumennya.

Penggunanya hanya yang mendesain itu sendiri atau developer atau desainer. Kualitas belum menjadi hal yang penting tetapi lebih ke bantuk dasarnya saja. Harga suatu produk prakarya ditentukan secara subjektif karena kita tidak tahu potensi pasarnya seperti apa.

Prakarya sendiri memiliki pengertian sebagai keterampilan, hasta karya, kerajinan tangan, atau keterampilan tangan yang mana bahan secara umum menggunakan pemanfaatan limbah dan barang bekas selain itu juga bahan terdapat di pasaran.

Prakarya sendiri mempunyai peranan penting dalam mengembangkan kreativitas dan sebuah inovasi baru. Prakarya sendiri lebih ke membuat atau menciptakan suatu hasil karya dari bahan mentah menjadi hasil produksi yang bisa dimodifikasi dan dicampur oleh bahan tersebut.

Pengertian Prakarya Menurut Para Ahli

Pengertian Prakarya Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian prakarya menurut para ahli, antara lain:

1. Peter F. Drucker

Prakarya adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu atau hal yang baru dan berbeda.

2. Menurut Arif F. Hadipranata

Wirausaha adalah seorang pengambil risiko yang diperlukan dalam mengatur dan mengelola bisnis maupun keuntungan secara finansial dan non finansial (uang).

3. Thomas W. Zimmerer

Kewirausahaan adalah pelaksanaan dalam hal kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan suatu permasalahan dan sebagai upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi oleh setiap orang.

4. Kathleen

Wirausaha adalah orang yang menjalankan, mengatur, dan menanggung risiko terhadap pekerjaan yang dilakukan dalam dunia usaha.

5. Andrew J. Dubrin

Prakarya adalah seseorang yang mendirikan dan menjalankan suatu usaha inovatif.

6. Robbin & Coulter

Kewirausahaan adallah proses seorang individu atau suatu kelompok yang menggunakan upaya terorganisir. Kewirausahaan juga dijadikan sarana untuk mencari peluang dalam menciptakan nilai dan tumbuh untuk memenihi keinginan serta kebutuhan melalui inovasi dan keunikan (tidak peduli sumber daya apa yang saat ini dikendalikan).

Kewirausahaan adalah proses dimana seorang individu atau kelompok individu menggunakan upaya terorganisir untuk mencari peluang untuk menciptakan nilai dan tumbuh dengan memenuhi keinginan dan kebutuhan melalui inovasi dan keunikan.

7. Soeharto Prawiro (1997)

Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diperlukan dalam memulai usaha dan perkembangan usaha.

8. Acmad Sanusi (1994)

Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku seperti daya, tujuan, siasat, kiat, tenaga penggerak, proses, dan hasil bisnis.

9. Jean Baptista Say (1816)

Wirausahawan adalah seorang agen yang menyatukan berbagai alat-alat produksi dan yang nantinya akan menemukan nilai dari produknya itu sendiri.

10. Frank Knight (1921)

Wirausahawan adalah seseorang yang mencoba memprediksi dan menyikapi dalam hal perubahan pasar. Peranan wirausaha dalam menghadapi ketidakpastian ini adalah dalam hal dinamika pasar. Seorang wirausahawan juga harus bisa melaksanakan fungsi-fungsi manajerial mendasar dalam hal pengawasan dan pengarahan.

Tujuan Prakarya

Tujuan Prakarya

Berikut ini adalah tujuan dari prakarya itu sendiri, antara lain:

  1. Menumbuhkan semangat kewirausahaan sejak dini atau awal.
  2. Menciptakan dan menumbuhkan daya usaha.
  3. Memberikan fasilitas kepada peserta didik dalam mengekspresikan secara kreatif melalui keterampilan teknik karya yang ekonomis, teknologi, dan ergonomis.
  4. Melatih keterampilan diri dalam menciptakan karya yang berbasis estetis, artistik, ekosistem, dan teknologi.
  5. Melatih diri untuk memanfaatkan media dan bahan dengan karya seni dan teknologi.
  6. Menghasilkan karya jadi maupun apresiatif dalam kehidupan.
  7. Menumbuhkan dan mengembangkan jiwa wirausaha dengan melatih diri dan mengelola produksi, mengemas barang atau suatu hasil karya, dan usaha dalam menjual prakarya tersebut secara ekonomis, ergonomis, dan ekosistemik.

Ruang Lingkup Prakarya

Ruang Lingkup Prakarya

Berikut ini adalah ruang lingkup dari prakarya, antara lain:

1. Kerajinan

Kerajinan berkaitan erat dengan nilai pendidikan melalui prosedur pembuatan. Prosedur pembuatan atau produksi ini dilakukan dengan berbagai tahap dan beberapa orang. Pekerjaan ini membutuhkan wawasan, toleransi sosial.

Pola dalam desain di suatu karya kerajinan juga harus dilakukan oleh perancang gambar dan dilanjutkan dengan pewarnaan sesuai dengan kearifan lokal. Semua hal tersebut merupakan proses bertangkai dan membutuhkan kesabaran serta ketelitian dalam bertoleransi.

Kerajinan juga bisa diproduksi atau dikemas ulang dalam sistem teknologi yang memadai serta ada. Selain itu juga adanya kerajinan juga disesuaikan dengan ekosistem agar terlihat lebih efektif dan efisien berdasarkan potensi lingkungan yang ada.

2. Rekayasa

Rekayasa digambarkans ebagai upaya atau usaha untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan berpikir rasional serta kritis. Dengan adanya rekayasa juga bisa menemukan kerangka kerja yang efektif dan efisien.

Rekayasa juga disebut sebagai perancangan dari benda atau produk yang memungkinkan untuk menemukan produk baru dimana lebih berperan dan berguna. Prinsip kerja dari rekayasa ini adalah dengan mendaur ulang bahan, sistem, serta ide yang sesuai dengan perkembangan zaman (teknologi terbarukan).

Dalam hal ini bisa disimpulkan bahwa rekayasa harus seimbang dengan kondisi dan potensi yang ada di daerah setempat menuju hasil karya yang mempunyai nilai jual tinggi.

3. Budidaya

Budidaya adalah suatu kerja yang berusaha untuk menambah, mewujudkan, dan menumbuhkan suatu benda maupun makhluk agar tumbuh dan berkembang. Budidaya ini perlu dilakukan dengan perasaan yang utuh dan tulus seolah-olah dirinya adalah pembudidaya hidup.

Prinsip kinerja dalam budidaya ini adalah dengan dibutuhkan sistem untuk berjalan secara rutinitas (kebiasaan hidup setiap orang), seperti makan, minum, dan melakukan gerakan atau aktivitas. Manfaat edukatif dari budidaya itu sendiri adalah untuk pembinaan perasaan, kemampuan memahami pertumbuhan, dan penyatuan dengan alam menjadikan seseorang bekerja secara sistematis, serta penuh kesabaran.

Hasil dari budidaya tidak bisa dihasilkan dalam jangka waktu yang singkat tetapi dalam jangka waktu yang tergantung pada produk dan harus diawasi dengan penuh kesabaran. Bahan dan perlengkapan untuk budidaya ini terbilang variatif tergantung potensi dari wilayah itu sendiri.

4. Pengolahan

Pengolahan sendiri memiliki arti sebagai membuat atau menciptakan suatu bahan dasar yang nantinya menjadi benda produk agar dapat dimanfaatkan secara bersama (maslahat). Prinsip kerja dari pengolahan ini adalah mengubah benda mentah menjadi produk matang dengan modifikasi dan campuran tertentu.

Pengolahan sendiri menggunakan desain sistem dengan desain secara tepat dan memakai perasaan dalam hal indera perasa dan pencium. Kerja ini juga untuk melatih dalam hal kesabaran serta berpikir praktis dan tepat.

Manfaat dari pengolahan itu sendiri adalah untuk mengembangkan kepribadian dalam hal pelatihan rasa yang dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari.

Contoh Prakarya

Contoh Prakarya

Berikut ini adalah contoh prakarya, antara lain:

  1. Bunga dari sedotan.
  2. Origami atau karya seni yang terbuat dari kertas.
  3. Rumah-rumahan dari kertas karton.
  4. Anyaman dari rotan.
  5. Boneka dari benang.
  6. Boneka dari sabun.
  7. Boneka dari lilin.
  8. dan lain sebagainya.

Kebanyakan yang ditemukan oleh masyarakat sekarang adalah prakarya dari tangan atau kerajinan tangan yang bahannya juga kebanyakan dari barang-barang bekas. Alasannya adalah karena selain bisa dijadikan sebagai kebutuhan pribadi.

Prakarya juga bisa memiliki nilai ekonomis dan mudah ditemukan. Tetapi prakarya seperti kerajinan tangan juga ada sulitnya dimana dalam membuatnya membutuhkan keterampilan yang khusus dengan kriteria prakarya tersebut.

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang prakarya mulai dari pengertian prakarya secara umum, prakarya menurut para ahli, tujuan prakarya, ruang lingkup prakarya, dan contoh dari prakarya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan para pembaca akan pembahasan dari prakarya.

Leave a Reply