Pengertian Twitter Beserta Manfaat dan Sejarah Twitter, Sudah Tahu?

Pengertian Twitter

Perlu Anda ketahui bahwa twitter menjadi salah satu situs jejaring sosial yang tidak kalah populer dari facebook. Lantas, apa itu twitter ? Pengertian twitter merupakan layanan jejaring sosial yang masuk kedalam kategori microblogging. Twitter menjadi suatu wadah bagi individu atau kelompok untuk mempublikasikan pesan pendek kepada pengguna lainnya secara gratis. Di awal perkembangan twitter, pengguna hanya dapat mengirim atau membaca pesan pendek yang hanya berkisar 140 karakter saja. Namun, beberapa tahun belakangan twitter menambahkan panjang teks menjadi 280 karakter. Pesan pendek tersebut biasa dikenal dengan istilah tweet.

Biasanya, orang yang suka melakukan kegiatan blogging akan menuliskan apa pun yang mereka inginkan. Apakah itu dalam hal kesehatan, politik, olahraga, fashion, kecantikan dan sebagainya. Begitu juga halnya dengan twitter. Anda dapat menuliskan sesuatu yang diinginkan kapanpun Anda mau. Anda tinggal pergi ke kolom “What’s happening ?”, kemudian ketikkan karakter didalamnya dan tinggal klik tombol Tweet untuk mempublikasikannya.

Pengertian Twitter 1

Selain itu, Anda juga dapat berperan sebagai penerima, yaitu dapat melihat feed twitter dari pengguna lain. Caranya, Anda tinggal memilih fitur Follow pada feed pengguna tersebut, maka otomatis apapun yang ditulis orang atau organisasi tersebut akan masuk ke timeline milik Anda.

Ditambah lagi, twitter memiliki istilah-istilah unik yang berbeda dari jejaring sosial lainnya. Berikut ini merupakan daftar istilah umum dalam twitter yang perlu Anda ketahui.

1. Handle

Handle merupakan istilah untuk akun twitter yang disimbolkan dengan “@”.

2. Tweet

Tweet merupakan tulisan yang akan di posting pada timeline twitter, dimana panjang tulisannya berkisar 240 karakter.

3. Direct Message (DM)

Direct message merupakan percakapan pribadi antar pengguna twitter secara dua arah. Maksudnya, pihak pengirim pesan akan dapat mengirim pesan kepada orang yang memfollow dirinya atau percakapan pribadi antar pengguna yang saling follow.

4. Follow

Follow merupakan suatu tindakan mengikuti timeline pengguna lain. Dengan melakukan follow berarti Anda akan menerima update feed terbaru dari pengguna tersebut.

5. Retweet

Retweet merupakan suatu tindakan untuk mengutip tweet milik orang lain dan mempostingnya kembali. Anda dapat melakukannya dengan memanfaatkan fitur Retweet atau dengan mengetikkan “#RT” yang menandakan bahwa Anda telah mengutip tweet milik orang lain.

6. Reply

Reply berarti memberikan balasan atau komentar terhadap tweet orang lain.

7. Favorites

Favorites adalah menyimpan suatu kutipan (tweet) orang lain yang mungkin menarik sehingga dapat dilihat kapanpun Anda mau.

8. Following

Following merupakan daftar pengguna yang Anda ikuti atau follow di twitter.

9. Follower

Follower merupakan daftar pengguna yang mengikuti Anda di twitter.

10. OverHeard (OH)

OverHeard merupakan tindakan untuk mengutip tweet orang lain, namun tidak menyebutkan sumber asli tweet tersebut. Caranya, Anda tinggal mengetikkan “#OH” sebelum isi tweet.

11. HeardThrough (HT)

HeardTrough berarti menuliskan tweet yang berasal dari orang lain di kehidupan nyata. Misalnya, Anda mendengar kata-kata menarik dari orang lain dan ingin mempostingnya di twitter. Caranya Anda tinggal mengetikkan “#HT” sebelum isi tweet.

12. Lists

Lists adalah mengelompokkan sejumlah tweet yang berasal dari berbagai akun yang sudah Anda follow.

13. Timeline

Timeline merupakan suatu daftar tweet yang berasal dari orang yang Anda follow berdasarkan kronologi waktu pembuatan tweet.

14 Hashtag

Hashtag berkaitan dengan suatu kata kunci yang memudahkan pengguna untuk menemukan topik tertentu dengan mengetikkan “#”pada kolom pencarian twitter.

15. Trending Topic

Trending topic merupakan suatu topik atau pembicaraan yang sedang hangat dibicarakan oleh para pengguna twitter.

Sejarah Twitter

Tahun 2006 merupakan tahun yang sangat bersejarah bagi twitter. Pasalnya, pada Maret 2006 istilah twitter muncul sebagai ide yang dikemukakan oleh Jack Dorsey. Ia berpendapat bahwa twitter menjadi suatu platform komunikasi yang berbasis SMS. Ide tersebut disampaikan oleh Dorsey selama sesi diskusi dihadapan pendiri perusahaan Odeo, Evan Williams dan Biz Stone. Konsep awal twitter ini adalah memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengirimkan SMS dan dipublikasikan ke seluruh teman.

Pengembangan twitter ini  dimulai pada 21 Maret 2006, ketika Dorsey mempublikasikan pesan Twitter pertamanya pada pukul 9:50 p.m. Pesan tersebut berbunyi “Just setting up my twttr”. Twitter pertama kali digunakan sebagai layanan internal bagi karyawan di perusahaan Odeo. Hingga pada 15 Juli 2006, twitter secara resmi diperkenalkan kepada publik.

Walaupun demikian, selama pengembangan projek twitter ini, anggota tim memiliki banyak kesulitan. Salah satunya adalah mereka menghabiskan banyak biaya selama projek berlangsung. Pada akhirnya, mereka berhasil mengakuisisi Odeo dan asetnya (termasuk twitter) dari para investor dan pemegang saham. Pada April 2007, twitter berhasil menjadi perusahaan mandiri dan meraih puncak kepopuleran saat penyelenggaraan konferensi South by Southwett Interactive ditahun yang sama.

Manfaat Twitter

Perkembangan teknologi yang ada saat ini memberikan dampak dan pengaruh yang besar terhadap perilaku manusia. Begitu juga halnya dengan twitter. Menurut Anda, apa saja manfaat yang dapat diperoleh dengan adanya twitter ?

1. Twitter sebagai Media Komunikasi

Pada umumnya, sosial media digunakan untuk memudahkan kita dalam melakukan komunikasi dengan banyak orang. Namun, twitter bukan hanya sekedar sosial media yang dapat digunakan untuk bertukar pesan saja, melainkan dapat digunakan untuk menemukan orang-orang di seluruh penjuru dunia.

Anda juga dapat mengikuti orang yang diinginkan dan dapat melihat update informasi yang diberikannya setiap saat atau Anda juga dapat membangun orang-orang yang tertarik atau mengikuti informasi terbaru dari Anda.

2. Twitter sebagai Bentuk Pelaporan Berita

Dahulu, kita harus mencari koran atau surat kabar lainnya untuk dapat memperoleh segala berita terbaru. Namun, kini twitter dapat memfasilitasi Anda dengan berbagai berita terbaru dari seluruh penjuru dunia. Berita tersebut dapat diperoleh dari berbagai akun-akun resmi yang berfokus pada penyampaian berita yang aktual dan dapat terpercaya.

3. Twitter sebagai Media Motivasi

Terdapat banyak akun twitter yang selalu membagikan kata-kata bijak melalui postingannya. Dengan begitu, Anda dapat mengikuti (follow) akun mereka untuk mendapatkan motivasi setiap harinya.

4. Twitter sebagai Alat Pemasaran

Sama seperti facebook, twitter juga dapat dimanfaatkan sebagai alat pemasaran. Anda dapat mengembangkan bisnis dengan mudah dan gratis. Apalagi, dengan bertambahnya jumlah pengguna twitter setiap waktunya sehingga dapat meningkatkan lapangan pekerjaan.

Begitulah ulasan lengkap mengenai pengertian twitter, sejarahnya beserta manfaat yang diperoleh dari twitter. Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan Anda dan Anda dapat lebih bijak dalam memanfaatkan segala sosial media yang berkembang saat ini.

loading...