10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 – 3 Tahun (Terbaru 2022)

Mainan edukasi kerap menjadi pilihan orang tua guna menghindari ketergantungan gadget sejak dini. Maka tak mengherankan bila alternatif gadget tersebut laris manis di pasaran.

Dampaknya, merk-merk baru juga makin bertambah, dan sebagian besar penjual mengklaim produk mereka sebagai mainan edukasi terbaik untuk anak.

Grace Melia, kreator @weplaytolearn, yang juga merupakan praktisi Therapeutic Play, dalam salah satu acara live di Instagram, sebenarnya juga pernah membahas tentang hal ini.

Grace pun menjelaskan bahwa beberapa permainan yang cocok untuk anak usia 2-3 tahun, antara lain adalah balok lego, bermain peran (dengan mengimitasi aktivitas orang di sekitarnya), mainan Fun Doh dan pasir kinetik yang dapat melatih motorik halus, bermain tangga nada melalui alat musik sederhana, mengenal warna dan bentuk, serta permainan pengenalan angka dan kata.

10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 – 3 Tahun

Agar kamu tidak bingung dengan ragam permainan edukasi yang ada di marketplace, Familinia akan mencoba merangkum 10 mainan edukasi terbaik untuk anak usia 2 – 3 tahun.

1. Puzzle ball

Puzzle ball

Permainan ini pada dasarnya merupakan puzzle yang dibentuk menjadi bola. Dan Si Kecil biasanya akan tertarik untuk memasukkan/memasangkan beragam bentuk geometri ke permukaan bola berongga.

Selain skill motorik halus anak semakin terasah, permainan ini juga bermanfaat untuk mengenalkan berbagai bentuk geometri dan warna.

Itulah mengapa puzzle ball ini amat kaya warna. Tujuannya tentu agar anak tertarik dan mudah mengenal berbagai warna dan bentuk.

Umumnya di tiap puzzle ball berdiameter 14 centimeter ada sekitar 10 shape/bentuk yang bisa dibongkar pasang, semisal bujur sangkar, persegi panjang, lingkaran, segi tiga, bintang, segi enam, dan jajaran genjang.

2. Mainan dokter dokteran

Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 - 3 Tahun

Tak semua anak takut saat diperiksa dokter. Banyak diantara mereka justru penasaran dengan profesi tersebut.

Nah mainan dokter-dokteran bisa dipilih untuk mendukung bakat anak dalam memainkan peran sebagai dokter kecil.

Dilengkapi dengan alat-alat kedokteran, anak tentu menjadi semakin tahu fungsi dari setiap peranti yang sering dipakai dokter.

Si kecil jadi tahu bagaimana memeriksa detak jantung, mendeteksi gigi yang bermasalah, mengecek tekanan darah, hingga melakukan imunisasi.

Bahkan setelah faham prosedur pemeriksaan, ia akan dapat mengeksplorasi rasa empatinya pada orang lain yang sedang sakit.

Adapun pilihan berbagai warna kontras yang memenuhi mainan ini dimaksudkan untuk merangsang imajinasi anak.

3. Balok lego / block lego

Balok lego / block lego

Pada block lego yang lumayan lengkap, biasanya ada 65 blocks dengan aneka warna.

Selain untuk melatih koordinasi motorik anak, balok lego pun dipercaya mampu mengembangkan kreativitas, imajinasi, dan logika anak yang menyusunnya.

Dilengkapi tas ransel, kamu takkan khawatir kepingan-kepingan block akan tercecer setelah digunakan Si Kecil. Sebab setelah dibereskan, semua bisa disimpan kembali ke dalam ransel.

4. Xylophone

Xylophone
Nama lain Xylophone ialah Gambang/Kolintang.

Alat musik ini dikategorikan sebagai mainan edukatif lantaran mampu menghasilkan tangga nada, sehingga anak-anak sedari dini bisa belajar nada dan irama. Sebagian pakar bahkan menyebut jika pengenalan nada dapat meningkatkan kemampuan bicara pada anak.

Permukaannya yang dicat warni warni tentu juga dalam rangka membuat anak lebih mengenal ragam warna.

Dilengkapi dua buah drum sticks, mainan ini tentu juga akan bermanfaat untuk melatih koordinasi mata dan tangan.

5. Mainan Kitchen Set

Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 - 3 Tahun
Permainan masak masakan pada anak memang telah lama ada sejak dahulu kala.

Tapi tahukah kamu jika akhir-akhir ini, ada permainan bernama Spraying Kitchen Set yang amat nge-hits?

Salah satu penyebab popularitasnya adalah karena kini kompor mainan anak-anak juga bisa bersuara dan mengeluarkan uap. Ditambah lagi, kerannya juga dapat keluar airnya.

Semua itu tentu dapat semakin merangsang kreativitas dan imajinasi Si Kecil.

Soal keamanan tentu tak perlu cemas, pasalnya meski mengeluarkan uap, kompor tersebut tak berbahaya. Alasannya, karena uapnya berasal dari air biasa, dan bukan uap panas, sehingga tak membahayakan.

6. Pasir Kinetik

Pasir Kinetik
Di urutan ke-6 rekomendasi mainan edukasi terbaik untuk anak usia 2 – 3 tahun adalah pasir kinetik.

Selain melatih motorik halus pada anak usia 2 – 3 tahun, mainan ini pun cocok untuk mengasah kreatifitas buah hati tercinta.

Dalam satu paket pembelian, kamu bisa memperoleh pasir, alas untuk area pasir, sekop, dan belasan hingga puluhan cetakan dengan beragam bentuk.

Bentuk pasirnya yang elastis, kering, lembut, dan anti berantakan, dijamin akan membantu proses pencetakan pasir ke dalam wadah-wadah yang tersedia.

7. Mainan kayu edukasi

Mainan kayu edukasi

Terbuat dari kayu, permainan ini diklaim mampu menstimulasi perkembangan kognitif. Caranya ialah dengan mengenalkan bentuk-bentuk geometri dan meletakkannya sesuai dengan tempat yang tersedia.

Dengan begitu, anak akan mudah ingat beragam bentuk/shape geometri dan juga mengenal semua warna-warna yang ada, sekaligus juga membiasakan koordinasi tangan dan mata.

Lebih dari itu, Si Kecil akan berlatih memecahkan masalah dan makin terbiasa dengan cara berpikir sebab-akibat.

8. Fun Doh

Fun Doh

Jika kamu termasuk orang tua yang sering takut dengan bahan mainan yang kurang aman untuk anak, tentu Fun-Doh bisa menjadi salah satu alternatif.

Permainan ini selain tak beracun dan ber-SNI, juga aman untuk Si Kecil. Itu karena formulanya yang hanya terdiri atas dari tepung, air, dan garam.

Hampir sama dengan mainan lain, Fun-Doh juga baik untuk koordinasi tangan dan mata. Lalu juga bisa untuk melatih pemecahan masalah, pengenalan warna, motorik halus, dan kreativitas buah hati.

Sesekali mainlah Fun Doh bersama anak tercinta, yakinlah kalau kamu akan melihat kreativitas dan imajinasi mereka meningkat seketika saat membuat bentuk hewan dan bahkan beragam jenis makanan dengan Fun Doh.

9. Mainan ring donat susun

Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 - 3 Tahun
Di awal masuk tahun kedua balita kamu, ring donat susun pastinya jadi teman setiamu saat mengenalkan beragam warna ke buah hati tercinta.

Kumpulan roda bertingkat yang mampu disusun Si Kecil, disebut pakar, dapat melatih kemampuan motorik dan daya ingat buah hati.

Ya memang permainannya tampak simpel namun siapa sangka jika itu mampu melatih konsentrasi dan merangsang perkembangan otak anak.

10. Playpad

Playpad
Tak seperti smartphone yang rawan radiasi dan memicu kecanduan, playpad ini ramah di mata dan juga jadi alat edukasi belajar anak dilengkapi belajar yang lumayan lengkap untuk anak usia 2-3 tahun.

Di tiap playpad, kamu dapat mengenalkan si Kecil huruf, angka, jenis-jenis mobil, nama-nama buah, aneka binatang, dan. musik.

Agar playpad dapat mengeluarkan suara, sebaiknya kamu pastikan tiga buah baterai AA yang tertanam di dalamnya dalam kondisi penuh semua.

Itulah tadi 10 mainan edukasi terbaik untuk anak usia 2 – 3 tahun versi Familinia. Kamu pilih yang mana?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini