Ubah Gender jadi Wanita, Ini Nama Baru Oscar Lawalata yang Artinya Sangat Romantis

Oscar Lawalata jadi wanita transgender nama baru
Oscar Lawalata - Instagram @oscarlawalata

Desainer kenamaan Indonesia, Oscar Lawalata membuat heboh publik setelah menyatakan dirinya telah resmi mengubah gender menjadi wanita. Tak hanya mengubah gender, Oscar Lawalata juga punya nama baru.

Nama Baru Oscar Lawalata

Oscar Lawalata ubah gender dari wanita nama baru
Oscar Lawalata – Instagram @oscarlawalata

Oscar Lawalata mengumumkan soal gender barunya di channel YouTube The Lawalatas. Selain gender yang berubah, Oscar pun mengubah namanya menjadi Asha Smara Darra. Apa artinya ya?

Baca Juga: Kim Jong Un Ternyata Punya Kakak Tampan dan Jago Main Gitar

“Nama baru saya, Asha Smara Darra. Asha artinya hope (harapan). Smara artinya love (cinta) sementara Darra artinya pohon yang kuat,” ungkap Oscar dengan semangat.

Oscar Lawalata mengaku akan senang sekali jika orang-orang kini mulai memanggilnya dengan nama barunya, Asha. Namun, jika ada orang yang masih menyebutnya Oscar, ia tak masalah karena itu hanya masalah julukan.

“Mereka sudah terlanjur mengenal saya Oscar. It’s okay (enggak apa-apa), Karena in the end (pada akhirnya) sayanya enggak berubah. It’s only a name (itu hanya sebuah nama),” ungkapnya.

Perjuangan Panjang

Selain nama, Oscar Lawalata menceritakan perjalanan panjangnya untuk bisa diterima keluarga dengan kondisi barunya.

“Waktu saya cerita ke mama dan Mario itu enggak langsung ‘oh oke, we are understand (kami mengerti). Enggak begitu. Mereka punya banyak pertanyaan untuk saya seperti “memang kenapa (mau berubah gender)? Memang harus begini begitu (berubah gender)?” Perlu waktu tahunan untuk meyakinkan mereka bahwa saya ini wanita,” kenang Oscar.

Baca Juga: Geger Video Baptis Wali Kota Risma, Ternyata Ini yang Terjadi Sebenarnya

Tak hanya meyakinkan keluarga, Oscar Lawalata juga perlu waktu untuk mengumpulkan keberanian menyatakan diri sebagai transgender ke publik. Padahal sejak usia 17 tahun, ia mulai merasakan ada perbedaan antara dirinya dengan laki-laki pada umumnya.

“Dari usia 17 tahun sampai umur 35 tahun, saya hanya berpikir bahwa saya itu unik dan I feel I’m more woman in my heart (Saya merasa saya lebih perempuan di hati saya). Sampai 5 tahun kemudian, saya mulai berpikir, apa itu transgender? Saya pelajari dan mengerti. Saya juga dalam hidup ini sebaiknya tidak perlu ada yang ditutup-tutupi. Apalagi saya termasuk public figure, orang melihat saya. Saya mau berbagi. Setidaknya saya bisa memberi sumbangsih pikiran, pengalaman dan perjalanan hidup terutama sesuatu yang dianggap tabu,” pungkas Oscar Lawalata dalam video tersebut.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here