loading...

Memiliki bau badan tentu saja membuat kita merasa sangat tidak nyaman. Hal ini dapat mengganggu aktivitas dan tak jarang juga dapat menghancurkan kehidupan sosial kita.

Selain itu, orang-orang di sekitar kita sudah pasti akan merasa tidak nyaman dan terganggu oleh aroma tidak sedap yang keluar dari tubuh kita.

Sumber bau badan yang muncul biasanya berasal dari produksi keringat yang berlebih, ketiak, dan kaki. Untuk mengeliminasi bau ini, banyak orang yang menggunakan parfum agar bau tubuhnya menjadi wangi. Namun kenyataannya, parfum hanya dapat menjadi solusi sementara.

Begitu wangi parfum itu hilang, bau badan kita akan mulai tercium kembali. Oleh karena itu, hal yang paling perlu dilakukan untuk menghilangkan bau badan secara efektif yaitu dengan mengontrol sumbernya. Berikut beberapa cara menghilangkan bau badan yang dapat anda coba:

1. Seka keringat sesering mungkin

cara menghilangkan bau badan
Image: fitnessandwellnessnews.com

Salah satu penyebab bau badan adalah adanya keringat berlebih yang menumpuk. Keringat ini akan menciptakan kondisi lembab pada kulit sehingga menjadi tempat pertumbuhan yang baik untuk bakteri, apalagi bila kulit tersebut tertutup rapat oleh pakaian dan tidak terpapar oleh udara luar.

Bakteri ini akan mengeluarkan senyawa yang menimbulkan bau badan tidak sedap. Oleh karena itu, seka keringat sesering mungkin dengan tisu, sapu tangan, atau handuk kering untuk mencegah bakteri penyebab bau badan tinggal dan bersarang.

2. Pakai baju yang dapat menyerap keringat dengan baik

Baju seperti ini biasanya berbahan dasar katun. Hal ini akan membuat keringat tidak terus menempel pada tubuh sehingga pertumbuhan bakteri penyebab bau badan dapat dicegah.

3. Mandi dengan menggunakan sabun anti bakteri

mandi dengan sabun bakteri
Image: iamnotthebabysitter.com

Mandilah secara teratur pagi dan sore hari dengan menggunakan sabun anti bakteri yang mengandung senyawa aktif triclosan. Senyawa ini akan membantu membunuh kuman/ bakteri yang menempel pada kulit tubuh.

Gosoklah dengan telaten terutama di bagian ketiak dan sela-sela jari kaki di mana sumber bau badan paling sering muncul. Anda juga disarankan mandi setelah menjalani aktivitas atau olahraga yang membuat tubuh Anda mengeluarkan keringat berlebih.

Mengingat sifat sabun antibakteri yang cenderung membuang kulit kering, disarankan juga untuk memakai lotion setelah mandi. Hal ini akan membantu menjaga kulit Anda tetap lembut dan menghilangkan bau badan Anda.

4. Ganti kaos kaki Anda setiap hari

Pastikan Anda mengganti kaos kaki Anda setiap hari untuk menghilangkan sumber bau badan yang berasal dari kaki.

Kaos kaki yang tidak diganti akan membuat kaki Anda lembab dan menjadi tempat pertumbuhan yang sempurna untuk bakteri dan jamur yang dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Selain itu, pastikan kaki Anda benar-benar kering sebelum Anda memakai kaos kaki atau sepatu.

5. Rendam kaki pada larutan garam

Salah satu penyebab bau yang bersumber dari kaki dikarenakan adanya jamur atau bakteri yang menempel di sela-sela kaki. Oleh karena itu, setiap sore hari rendamlah kaki Anda pada air hangat yang telah diberikan campuran garam.

Hal ini akan membuat pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab bau dapat dicegah. Manfaat lain dari cara ini yaitu untuk menjaga kaki Anda tetap dalam kondisi kering dan tidak mudah lembab.

6. Gunakan anti perspirant

Gunakan anti perspirant
Image: gizmodo.com

Sebelum Anda beraktivitas, gunakan anti perspirant pada tubuh Anda terutama pada ketiak dan sela jari kaki. Sekilas anti perspirant mirip dengan deodorant, tetapi ternyata keduanya memiliki kandungan yang berbeda.

Anti perspirant mengandung bahan aktif terutama zat aluminium yang dapat menghambat pengeluaran keringat, sedangkan deodorant memiliki kandungan yang hanya bersifat menyegarkan dan memberi keharuman pada tubuh Anda.

Namun, sekarang ini telah banyak produk deodorant yang juga merangkap sebagai anti perspirant. Oleh karena itu, Anda perlu cermat dalam memilih deodorant yang akan Anda gunakan.

7. Aplikasikan sari lemon

Selain wanginya yang menyegarkan, sari lemon memiliki senyawa sebagai agen anti bakteri yang dapat membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri pada kulit penyebab bau badan.

  1. Ambil 1 buah lemon dan ambil sarinya.
  2. Oleskan sari lemon terutama di bagian ketiak dan sela jari kaki.
  3. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.
  4. Lakukan cara ini 2 hari sekali untuk menghilangkan bau badan secara permanen.

8. Gunakan baking soda

Baking soda dapat Anda gunakan untuk menghilangkan bau badan karena kemampuannya yang dapat diandalkan dalam menyerap keringat dan membunuh bakteri penyebab bau badan.

  1. Ambil 1 sendok teh baking soda.
  2. Campurkan dengan 1 sendok teh sari lemon.
  3. Oleskan campuran tersebut pada area tubuh yang sering mengeluarkan keringat berlebih terutama di daerah ketiak.
  4. Diamkan selama 5-10 menit (jangan digosok).
  5. Bilas dengan menggunakan air besih.

Lakukan cara ini 1x sehari secara rutin sebelum mandi selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

masker jepang

9. Gunakan cuka apel

cara menghilangkan bau badan
Image: remediesforme.com

Cuka apel merupakan agen pembunuh bakteri penyebab bau badan yang paling ampuh. Cuka apel bekerja dengan menjaga keseimbangan pH pada kulit tubuh sehingga bakteri tidak dapat tinggal di sana. Ada 3 cara menggunakan cuka apel untuk menghilangkan bau badan, diantaranya:

A. Mengoleskan cuka apel pada kulit tubuh yang sering berkeringat.
Caranya: Tuangkan cuka apel pada kapas dan oleskan pada area tubuh yang sering berkeringat, misalnya ketiak. Diamkan selama 2-3 menit, kemudian bilaslah sembari melanjutkan mandi. Anda dapat melakukan cara ini 2x sehari sebelum mandi.

B. Berendam dengan cuka apel.
Caranya: Tambahkan 1 gelas (250ml) cuka apel ke dalam bak mandi yang telah terisi air hangat. Gunakan untuk berendam selama kurang lebih 30 menit. Lakukan cara ini 2 hari sekali sampai bau badan Anda menghilang.

C. Meminum cuka apel.
Selain digunakan untuk pemakaian luar, Anda juga dapat meminum cuka apel untuk menghilangkan bau badan dari dalam.

Caranya : Campurkan 2 sendok teh cuka apel dengan madu pada segelas air hangat. Minum ramuan ini 2x sehari. Selain bau badan Anda menghilang, badan Anda juga akan terasa lebih segar.

10. Memakai bunga Rosemary

Memakai bunga Rosemary
Image: vpthemes.com

Rosemary adalah bunga atau tanaman yang sering digunakan sebagai bahan herbal, baik untuk campuran masakan, teh, atau produk kesehatan tertentu. Dalam menghilangkan bau badan, rosemary mengandung menthol dan klorofil yang dapat menetralkan bau badan yang tak sedap serta memberikan wangi yang menyegarkan.

Selain itu, bunga ini juga mengandung antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau badan.

  1. Ambil 1 gelas daun rosemary, kemudian keringkan.
  2. Setelah kering, campurkan ke dalam 4 gelas air panas dan biarkan larut selama 10 menit.
  3. Tambahkan larutan rosemary tersebut ke dalam bak mandi Anda dan diamkan selama 15-20 menit sebelum Anda gunakan.
  4. Mandilah dengan campuran rosemary ini setiap harinya sampai bau badan Anda menghilang.

Selain itu, Anda juga dapat mengoleskan langsung produk minyak esensial rosemary yang dijual di pasaran sebagai deodorant alami untuk ketiak Anda.

11. Makan sayur-sayuran hijau

Makanlah sayur-sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan seledri yang kaya akan klorofil untuk menghilangkan bau badan Anda. Kandungan klorofil dalam sayuran tersebut dapat menjadi deodorant alami yang efektif untuk menghilangkan bau badan Anda.

Selain itu, Anda juga dapat meminum air rebusan daun seledri untuk mendapatkan efek yang lebih ampuh dalam menghilangkan bau badan.

Caranya: Campur 1 sendok teh seledri yang telah dicincang halus ke dalam 1 gelas air panas dan aduk selama 5 menit, kemudian minum setelah air terasa hangat.

12. Batasi asupan makanan tertentu

Beberapa makanan tertentu dapat menyebabkan timbulnya bau badan yang kurang sedap. Makanan tersebut meliputi: bawang, petai, jengkol, daging merah, dan makanan kaleng dengan kandungan gula yang tinggi.

Selain itu, minuman berkafein juga dapat menimbulkan bau badan. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang besar dan terlalu sering.

13. Hindari stress

hindari stress
Image: theodysseyonline.com

Dalam suatu penelitian menyebutkan bahwa stress dapat memicu keluarnya keringat berlebih oleh kelenjar apokrin yang dapat menyebabkan bau badan. Perasaan cemas dan marah yang terus menerus juga memicu kelenjar tersebut.

Oleh karena itu, hindari stress dan lakukan manajemen terhadap stress yang sedang Anda alami. Anda dapat melakukan meditasi selama 15 menit setiap harinya dan juga olahraga yoga.

14. Konsultasikan pada dokter

Jika seluruh cara di atas telah Anda lakukan dan Anda tetap memiliki bau badan serta mengeluarkan keringat yang berlebih, Anda perlu mengkonsultasikan keadaan ini pada dokter.

Beberapa kondisi seperti hiper-reaksi dari kelenjar tiroid dapat menyebabkan Anda mengeluarkan keringat secara berlebihan.

Selain itu, Anda mungkin didiagnosis dengan kelainan bromhidrosis yaitu suatu kondisi di mana seseorang memiliki bau badan yang menyengat. Dokter akan memberikan beberapa ramuan anti perspirant dengan level tertentu dalam mengatasi bau badan Anda.

Tips dalam menggunakan deodorant, anti perspirant, dan parfum

Jika Anda lebih menyukai menggunakan anti perspirant, deodorant, atau parfum sebagai cara untuk menghilangkan bau badan Anda, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa tips berikut ini:

  • Jangan menggabungkan deodorant, anti perspirant dan parfum pada satu waktu di tempat yang sama. Hal ini dapat menimbulkan bau yang tidak sedap.
  • Hindari memakai parfum langsung pada ketiak karena dapat menimbulkan iritasi dan kemerahan pada kulit. Selain itu, parfum hanya akan membuat keringat memiliki bau yang lebih aneh.
  • Pilih deodorant yang mengandung anti perspirant. Hal ini akan lebih efektif dalam mengusir bau badan.
  • Selalu amati perubahan kulit yang terjadi ketika menggunakan deodorant, anti perspirant, dan juga parfum. Apabila kulit manjadi merah, gatal, perih, atau meradang, segera hentikan pemakaian. Hal ini menandakan kulit Anda sensitif terhadap produk-produk tersebut.

Beberapa cara menghilangkan bau badan sudah dijelaskan secara lengkap di atas. Selain beberapa bahan alami yang telah disebutkan diatas, masih ada beberapa tanaman lain yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan bau badan seperti tanaman Witch Hazel dan Sage.

Namun sayangnya tanaman itu sulit untuk dijumpai di Indonesia dan hanya terdapat di luar negeri. Semoga dengan melakukan cara-cara di atas dengan tekun, Anda dapat terbebas dari bau badan yang tak sedap.

loading...