loading...

Jeruk nipis atau dalam istilah ilmiahnya disebut citrus aurantifolia adalah salah satu varian jeruk yang notabenya adalah anggota marga Rutaceae. Jeruk nipis biasanya berbentuk bulat, berwarna hijau atau kekuningan dan memiliki sari buah yang kadar keasamannya lebih kuat daripada varian jeruk lainnya.

Jeruk nipis tidak hanya digunakan untuk memasak tetapi juga sebagai obat tradisional. Sari buahnya yang asam biasa digunakan untuk menghilangkan amis pada ayam atau ikan, menambah rasa pada makanan seperti hidangan soto, acar, salad maupun minuman seperti teh, soda dan lainnya.

Kandungan jeruk nipis

Seperti varian jeruk lainnya, jeruk nipis mengandung kadar vitamin C yang tinggi serta kandungan biokimia lain yang bermanfaat untuk tubuh manusia. Sari jeruk nipis mengandung air dan minyak volatil yang didalamnya terkandung nutrien, vitamin dan mineral. Berikut ini adalah kandungan nutrisi dari 100 gram jeruk nipis :

kandungan nutrisi jeruk nipis
Tabel nutrisi dari 100 gr jeruk nipis

Manfaat Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung senyawa yang bisa menjaga kesehatan tubuh dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berikut ini adalah manfaat jeruk nipis yang perlu anda ketahui :

1. Meredakan asma

mencegah asma
Gambar dari www.huffingtonpost.com

Asma adalah salah satu penyakit yang menyerang sistem pernafasan bagian atas yang dipicu oleh reaksi alergi. Setiap tahun, jumlah penderita asma di dunia semakin meningkat. Meskipun penyakit asma tidak bisa disembuhkan tetapi bisa dicegah dan diredakan dengan berbagai cara, termasuk menggunakan jeruk nipis.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam World Journal of Pharmacy and Pharmacheutical menjelaskan bahwa ekstrak sari buah jeruk nipis dapat mencegah timbulnya asma sekaligus meredakannya. Hal ini disebabkan karena jeruk nipis mengandung senyawa anti bakteri yang dapat mengurangi kontraksi otot halus pada sistem pernafasan, khususnya pada bagian bronkus.

Jika anda seorang penderita asma, anda dapat menjadikan jeruk nipis sebagai obat traditional untuk mencegah dan meredakan kambuhnya asma.

2. Mencegah kanker

Seperti jenis jeruk lainnya, jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat mencegah efek radikal bebas dan menekan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Sebuah riset yang dimuat dalam Journal of Food chemistry menunjukkan bahwa senyawa antioksidan dalam jeruk nipis dapat merangsang proses apoptosis sel kanker.

Apoptosis adalah mekanisme bunuh diri yang dilakukan sel jika tubuh menganggap sel tersebut bisa berbahaya bagi tubuh. Jadi jika anda ingin meningkatkan asupan vitamin C dan antioksidan, maka anda bisa menambahkan jeruk nipis pada hidangan sehari-hari atau mencampurnya dengan air hangat untuk diminum.

3. Menghilangkan jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah pada kulit yang sangat menyebalkan. Jerawat adalah gangguan pada kulit yang timbul akibat infeksi bakteri P acne, produksi minyak berlebih, pori-pori yang tersumbat dan wajah yang kotor. Membersihkan wajah dengan menggunakan jeruk nipis yang dilarutkan dalam air dapat membantu untuk menghilangkan jerawat pada kulit wajah anda.

Anda juga bisa mencampur sari jeruk nipis dengan madu, lalu mengoleskannya pada jerawat selama beberapa menit kemudian bilas. Campuran jeruk nipis dan madu akan mengurangi peradangan pada kulit wajah dan mencegah timbulnya noda bekas jerawat.

4. Menghilangkan ketombe

menghilangkan ketombe
Gambar dari thelifesquare.com

Manfaat jeruk nipis untuk menghilangkan ketombe sepertinya sudah tidak asing lagi bagi kita. Sering kita melihat iklan di Tv menayangkan suatu produk perawatan rambut yang mengandung jeruk nipis, terutama shampo penghilang ketombe. Pada dasarnya ketombe yang muncul pada kulit kepala diakibatkan oleh infeksi jamur.

Selain mengandung anti bakteri, jeruk nipis juga mnegandung senyawa aktif yang dapat menghilangkan jamur serta meredakan infeksi pada kulit kepala. Tidak hanya itu, jeruk nipis juga mampu mengurangi produksi minyak pada kulit kepala sehingga ketombe tidak gampang muncul.

5. Mencegah flu

Kadar vitamin C yang tinggi dalam jeruk mampu melindungi tubuh dari seranagn virus influenza. Berdasarkan riset yang dipublikasikan dalam Journal of Pharmacheutical, kandungan vitamin C dan antioksidan jeruk nipis mampu menangkal infeksi virus influenza dan mencegah virus bereplikasi di dalam tubuh.

Mengkonsumsi jeruk nipis saat tubuh terserang flu mampu membantu mengurangi gejala yang ditimbulkan dan membantu proses penyembuhan.

6. Meredakan konstipasi

meredahkan konstipasi
Gambar dari www.ivfclinicsindia.com

Jeruk nipis dapat digunakan untuk meredakan konstipasi atau susah buang air besar. Jeruk nipis mengandung asam alami yang dapat membersihkan dinding usus halus dan melancarkan proses defekasi atau proses pembentukan tinja.

Jeruk nipis dapat digunakan sebagai laksatif atau perangsang buang air besar dengan mencampur sari jeruk nipis dengan air hangat dan sedikit ramuan garam. Jika anda memiliki masalah sulit buang air besar, maka cobalah ramuan jeruk nipis tersebut.

7. Melancarkan pencernaan

Buah yang terdapat kandungan asam didalamnya seperti jeruk nipis bisa merangsang produksi saliva atau air liur yang tentunya berguna untuk memecah zat makanan dalam sistem pencernaan. Mendengar kata jeruk nipis atau membayangkannya saja, air liur akan lebih banyak dihasilkan didalam mulut karena saat membayangkan makanan asam, otak merangsang kelenjar dalam mulut untuk memproduksi lebih banyak air liur.

Selain itu, flavonoid yang terkandung dalam jeruk nipis juga dapat memicu gerakan peristaltik dalam lambung sehingga lambung dapat dengan mudah mencerna makanan.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa masyarakat sering membuat acar dengan jeruk nipis dan menghidangkannya saat makan siang ataupun makan malam.

8. Mengurangi peradangan pada kantung kemih

Peradangan pada kandung kemih disebabkan karena adanya infeksi bakteri maupun efek senyawa berbahaya yang tidak tersaring oleh ginjal dan ikut masuk ke dalam urin yang melewati kandung kemih. Jeruk nipis mengandung flavonoid dan antioksidan yang dapat membersihkan darah dari senyawa atau racun berbahaya dalam tubuh yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran kemih khususnya kandung kemih.

Tidak hanya itu, jeruk nipis juga dapat mempermudah kerja organ ginjal dalam menyaring zat sisa di dalam darah dan mencegah terbentuknya batu ginjal.

9. Menjaga kesehatan kulit

menjaga kesehatan kulit
Gambar dari www.skinreviews.org

Jeruk nipis kaya akan antioksidan dan minyak volatil yang dapat menjaga kesehatan dan kekencangan kulit. Vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis mampu merangsang produksi kolagen dalam jaringan kulit. Kolagen adalah senyawa protein yang dapat merangsang terbentuknya sel kulit baru sekaligus menjaga kekencangan jaringan di dalam kulit.

Selain itu, mengkonsumsi jeruk nipis yang kaya antioksidan secara teratur dapat mencegah efek radikal bebas pada kulit yang membuat kulit terlihat tua dan kusam. Tidak heran jika jeruk nipis banyak digunakan dalam industri sebagai bahan utama produk kecantikan.

10. Mencegah dan mengatasi sariawan

Tahkah anda bahwa pelaut inggris telah lama mengkonsumsi jeruk nipis untuk mencegah dan mengobati sariawan khususnya saat berlayar di laut. Sebelum mengenal jeruk nipis, para pelaut sering jatuh sakit dan mudah terserang sariawan.

Hal ini bisa berakibat buruk pada tubuh karena cuaca di laut juga tidak menentu. Jeruk nipis mengandung vitamin C dalam kadar yang cukup tinggi setara dengan jeruk lemon sehingga mampu mengatasi masalah sariawan. Cukup dengan meminum sari jeruk nipis setiap hari, anda bisa terhindar dari sariawan dan infeksi rongga mulut lainnya.

11. Mengobati sinusitis

Sinusitis adalah suatu bentuk peradangan yang terjadi pada dinding sinus yang disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri. Sinus adalah rongga kecil yang terletak dibelakang tulang pipi dan dahi yang menghubungkan lubang hidung dengan saluran pernafasan bagian atas dan berfungsi untuk membantu menjaga kelembaban dan mengendalikan suhu udara yang masuk ke dalam paru-paru.

Peradangan pada sinus bisa menyebabkan demam, sakit kepala, hidung tersumbat, batuk bahkan kehilangan indra penciuman. Jeruk nipis mengandung minyak atsiri dan senyawa aktif lainnya yang dapat menangkal infeksi bakteri dan virus pada rongga sinus.

12. Meredakan batuk

meredakan batuk
Gambar dari urbol.com

Masyarakat Indonesia tentu mengenal khasiat jeruk nipis sebagai obat batuk alami. Banyak orang yang percaya bahwa mengkonsumsi sari jeruk nipis yang dicampur dengan kecap dapat meredakan batuk.

Jeruk nipis mengandung minyak volatil dan anti dekongestan yang dapat menekan kerja sistem saraf pemicu kontraksi pada saluran nafas bagian atas dan mengurangi intensitas batuk. Selain mencampurnya dengan kecap, sari jeruk nipis dapat dilarutkan dengan air hangat dan diminum untuk meredakan batuk.

13. Meredakan demam

Selain berfungsi sebagai antioksidan, vitamin C dalam jeruk nipis dapat menurunkan suhu tubuh akibat demam. Demam biasanya terjadi akibat adanya peradangan atau infeksi yang terjadi di dalam tubuh.

Meminum larutan jeruk nipis ( perasan jeruk nipis yang dicampur air hangat) dapat membantu meredakan demam dan mengurangi efek yang ditimbulkan.

14. Mengobati cholera

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui bahwa jeruk nipis dapat membantu mengatasi kolera. Hal ini sudah dibuktikan secara ilmiah oleh beberapa riset para ilmuwan dan peneliti.

Meskipun saat ini penyakit kolera sangat jarang ditemukan, sebuah penelitian menyebutkan bahwa jeruk nipis dapat mengurangi angka kematian yang disebabkan oleh penyakit kolera pada tahun 1994.

15. Mengurangi sakit persendian

Orang yang menderita arthritis biasanya akan sering merasakan sakit pada persendian yang disebabkan oleh akumulasi asam urat. Jeruk nipis mengandung senyawa aktif yang dapat membantu membersihkan darah dari senyawa asam urat dan mencegah terjadinya akumulasi asam urat dalam persendian.

Asam urat tersebut nantinya akan dikeluarkan bersama urin dan tidak akan menimbulkan masalah pada penderita arthritis.

16. Menjaga kesehatan jantung

menjaga kesehatan jantung
Gambar dari www.mamashealth.com

Siapa sangka jika jeruk nipis mampu menjaga kesehatan organ jantung dan pembuluh darah yang berperan penting dalam sistem peredaran darah manusia. Jeruk nipis mengandung potassium, yakni senyawa mineral yang berperan penting dalam menjaga detak jantung normal sekaligus mempertahankan tekanan darah dalam tubuh.

Jeruk nipis juga mengandung serat yang dapat meningkatkan kadar lemak baik dan mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam. Kolesterol adalah senyawa lemak dalam tubuh yang dapat memicu penebalan arteri, tekanan darah tinggi dan meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke.

17. Mencegah diabetes

Diabetes adalah penyakit metabolisme dimana tubuh tidak dapat mengatur kadar gula dalam darah yang disebabkan oleh hilangnya kepekaan atau sensitifitas insulin. Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar pankreas dan berfungsi untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Jeruk nipis adalah salah satu makanan yang dianjurkan dikonsumsi oleh pasien diabetes.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh American Diabetes Association, serat yang terkandung dalam jeruk nipis mampu membantu tubuh dalam mengendalikan kadar gula dalam darah serta mencegah kenaikan kadar gula yang terjadi secara drastis di dalam tubuh. Kenaikan kadar gula yang drastis sangat berbahaya bagi penderita diabetes dan dapat menyebabkan kerusakan pada organ tubuh.

18. Membantu mengurangi berat badan

membantu mengurangi berat badan
Gambar dari www.tanazkahenmd.com

Jika anda ingin menurunkan berat badan maka mengkonsumsi jeruk nipis setiap hari perlu anda terapkan. Kandungan serat dan asam sitrat dalam jeruk nipis dapat membantu membakar lemak dalam tubuh dan meningkatkan kecepatan metabolisme.

Cukup dengan meminum sari jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat dua kali sehari dan lihat hasilnya dalam seminggu.

19. Mengobati maag

Jeruk nipis memiliki kadar asam yang cukup tinggi dan biasanya orang akan mengira bahwa jeruk nipis tidak boleh dikonsumsi oleh penderita maag. Sebaliknya, penelitian menunjukkan bahwa jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid termasuk limonin glukosida yang memiliki sifat antibakteri, dan antiinflamasi yang setara dengan antibiotik.

Senyawa limonin glukosida ini mampu melindungi lambung dari infeksi bakteri helicobacter pylori dan mempercepat penyembuhan radang yang terjadi di dalam lambung.

20. Melindungi mata dari kerusakan

Antioksidan dalam jeruk nipis dapat membantu mempertahankan kesehatan penglihatan dengan melindungi sel-sel pada mata dari efek radikal bebas.

Mengkonsumsi jeruk nipis secara rutin juga mampu melindungi mata dari penuaan dan mencegah timbulnya katarak atau penebalan lensa mata yang biasanya terjadi saat seseorang menua.

Efek samping dan tips bagaimana mengkonsumsi jeruk nipis

Meskipun memiliki banyak manfaat bagi tubuh, jeruk nipis dapat menimbulkan efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan terutama mereka yang memiliki lime intolerance atau ketidakmampuan tubuh menerima asam yang terkandung dalam jeruk nipis.

Jeruk nipis bisa menimbulkan rasa mual, muntah dan diare jika dikonsumsi secara berlebihan. Untuk menghindari efek samping tersebut maka perhatikan tips mengonsumsi jeruk nipis berikut ini :

  1. Saat membeli jeruk nipis, pastikan untuk memilih jeruk nipis berwarna hijau terang dan padat. Hindari membeli buah dengan kulit kering, berjamur dan lembek
  2. Jeruk nipis dapat disimpan dalam suhu ruangan selama kurang lebih satu minggu dan hindari menyimpan jeruk nipis pada tempat yang terkena sinar matahari langsung
  3. Jeruk nipis dapat disimpan lebih lama dalam lemari pendingin dan bertahan hingga dua minggu. Sebaiknya simpanlah jeruk nipis dalam wadah plastik tertutup untuk menjaga kualitas rasa dan kandungan nutrisinya
  4. Untuk mendapatkan lebih banyak sari buah jeruk nipis sebelum digunakan, tekan atau gulingkan jeruk nipis dengan menggunakan tangan kemudian cuci dengan air bersih sebelum memotongnya

Demikian penjelasan mengenai manfaat jeruk nipis untuk kesehatan anda. Konsumsi jeruk nipis secara teratur dapat membantu anda mendapatkan manfaat-manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh anda.

loading...