7 Kali Kasus COVID-19 Tambah 3 Ribuan Per Hari, Satgas Ungkap Sebabnya

COVID-19 chat WA orang sebar
Penelitian alat deteksi virus COVID-19-Pexels.com (Gustavo Fring)

Sudah 7 kali penambahan kasus positif virus Corona (COVID-19) di Indonesia melampaui angka 3 ribuan kasus per harinya. Hal ini tentu memicu kekhawatiran masyarakat. Akhirnya, Satgas COVID-19 menjabarkan sebab tingginya penambahan kasus positif virus COVID-19 di Indonesia. Apa saja itu?

Peningkatan Aktivitas Masyarakat

Bioskop Dibuka Kembali Saat Pandemi Virus Covid Karena Bisa Tingkatkan Imun
Bioskop Dibuka Kembali Saat Pandemi Virus Covid Karena Bisa Tingkatkan Imun

Juru Bicara Satuan Petugas (Satgas) COVID-19, Wiku Adisasmito menjelaskan bahwa tingginya penambahan kasus positif virus Corona diakibatkan oleh adanya peningkatan aktivitas masyarakat dalam beberapa waktu terakhir. Wiku menduga, meningkatnya mobilitas masyarakat tak disertai dengan kesadaran menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Lebih Pilih Temani Suami Ketimbang Manggung, Ternyata Segini Uang Jajan Syahrini

“(Meningkatnya kasus positif) itu menunjukkan penularan yang meningkat karena kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan yang belum optimal,” ungkap Wiku Adisasmito pada Minggu, 6 September 2020.

Seperti dilansir dari Detik.com, Pandu Riono, Epidemiolog dari Universitas Indonesia menyetujui pendapat Satgas COVID-19 tersebut. Mobilitas masyarakat tinggi yang tidak disertai dengan kesadaran menerapkan protokol secara ketat sebabkan angka penularan Corona tidak terkendali.

“Ingat! Hanya dengan kepatuhan (menerapkan protokol kesehatan) tinggi, lebih dari 75%, maka angka penularan baru bisa ditekan,” terang Pandu seperti dilansir dari Detik.com pada Minggu, 6 September 2020.

Namun pemerintah Indonesia tak menyerah. Wiku menyebut bahwa meski ada peningkatan positivity rate COVID-19, pemerintah melakukan berbagai upaya guna menertibkan masyarakat menjaga protokol kesehatan melalui pelibatan aparat TNI-Polri hingga tokoh masyarakat dan agama.

“Ada berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah di antaranya Polisi melakukan penegakan disiplin berbasis komunitas, Satpol PP melakukan penegakan kedisiplinan di berbagai fasilitas umum hingga Satgas COVID-19 yang berfungsi menggerakkan tokoh masyarakat dan tokoh agama dalam kampanye masyarakat melakukan protokol kesehatan,” ujar Wiku.

Lebih dari 3 Ribu Kasus Per Hari

Dalam lima hari terakhir, jumlah penambahan kasus positif COVID-19 di Indonesia mencapai lebih dari 3 ribuan per hari. Pada hari Minggu, 6 September 2020 misalnya, ada penambahan kasus positif COVID-19 sebanyak 3.444. Pada empat hari sebelumnya jumlah penambahan kasus positif COVID-19 berturut-turut yakni 3.075, 3.622, 3.269 dan 3.128.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 7 Dibuka, Ini Cara Daftar dan Syarat Lengkapnya

Kemudian pada Selasa, 28 Agustus 2020 dan 29 Agustus 2020 lalu, terjadi penambahan kasus sebanyak 3.003 dan 3.308 kasus positif COVID-19 di Indonesia. Hal ini menandai jumlah penambahan kasus positif COVID-19 mencapai 3 ribuan pertama di Tanah Air.

 

 

Leave a Reply