Malaysia Larang WNI Masuk Karena Tak Mau Tertular Virus Corona

Malaysia Larang WNI Masuk Karena Virus Corona
Malaysia Larang WNI Masuk Karena Virus Corona

Kabar datang dari Malaysia, bahwa Negeri Jiran itu akan larang WNI masuk ke negaranya. Larangan ini diberlakukan karena pemerintah tidak ingin terjadi kasus impor wabah pandemi Covid-19 ke negaranya. Kabar itu diumumkan secara resmi oleh Menteri Pertahanan Malaysia, Ismail Sabri Yaakob melalui sebuah konferensi pers. 

Dalam pengumuman resmi mengenai larangan akses masuk ke Malaysia, ada sejumlah negara lain yang dilarang. Negara tersebut yakni Indonesia, India dan Filipina. 

Pengumuman resmi tersebut juga telah dikonfirmasi oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Teuku Faizasyah. Pihaknya membenarkan jika pemerintah Malaysia memberlakukan larangan tersebut. 

Baca Juga : Viral Dituding Anti Vaksin, Tara Basro Beri Penjelasan

“Pemerintah Malaysia memberlakukan larangan bagi pemegang long term pass dari Indonesia, India dan Filipina untuk memasuki wilayah Malaysia,” kata Teuku Faizasyah.

Lebih lanjut, larangan itu akan berlaku bagi mereka yang memegang izin tinggal jangka panjang seperti para pelajar, ekspatriat, penduduk tetap dan juga anggota keluarga warga Malaysia. Pemberlakuan larangan masuk ini akan mulai efektif terhitung sejak tanggal 7 September 2020.

Pihak Kementerian Luar Negeri juga mengaku telah memanggil Duta Besar Malaysia guna membahas masalah ini. 

Adapun alasan utama di balik pemberlakuan larangan masuk oleh Malaysia itu belum diketahui secara pasti. Pemerintah Indonesia lebih memilih untuk menunggu adanya konfirmasi resmi dari pihak Pemerintah Malaysia. 

Meski demikian kebijakan pemerintah Malaysia yang larang WNI masuk ke wilayahnya hanya bersifat sementara. Pihak Pemerintah Malaysia setiap minggunya akan melakukan kajian atas kebijakan pelarangan tersebut.

Sebelumnya diberitakan jika Malaysia tengah melakukan pengawasan secara ketat terhadap wilayah perbatasan dengan tidak mengizinkan orang-orang dari Indonesia, Filipina dan India masuk ke wilayahnya. Tidak menutup kemungkinan, pemberlakuan larangan itu bisa bertambah ke negara lain, jika dilihat adanya kasus lonjakan positif Covid-19 di negara yang dimaksud.

Baca Juga : Novel Baswedan Positif Covid, Anak dan Istri Tertular

Pihak Malaysia telah bertekad untuk mengambil langkah-langkah tegas untuk mengatasi wabah pandemi di negaranya, karena jika melihat kondisi global, kasusnya masih meningkat dan terus menyebar tak terkendali. 

Kementerian Kesehatan Malaysia bahkan memprediksi angka positif Covid-19 di negaranya akan meningkat secara signifikan saat musim dingin datang beberapa bulan ke depan. Mereka tengah disibukkan dengan melakukan perincian akan kebijakan yang akan diambil guna menghadapi tantangan dan ancaman tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here