Pemprov Bagikan Bansos ke 2,4 Juta KK di Jakarta, Ini Jadwal Distribusinya

Anies Baswenda Gubernur DKI Jakarta bansos pemprov
Anies Baswenda Gubernur DKI Jakarta (Instagram @aniesbaswedan)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bekerja sama dengan Kementerian Sosial akan memberikan bantuan sosial (bansos) berupa paket sembako kepada 2,4 juta KK (Kepala Keluarga) di ibu kota.  Rencananya, paket bantuan sosial tersebut akan disalurkan pekan ini dan pekan depan.

Jadwal Distribusi Bansos

View this post on Instagram

Bantuan Sosial COVID-19 Tahap Ke-7 di @dkijakarta · · · Sejak hari Selasa (15/9) lalu, Pemprov DKI Jakarta bersinergi dengan Kementerian Sosial RI mulai menyalurkan bantuan sosial (Bansos) Tahap 7 ke rumah-rumah dari 2,4 juta keluarga miskin dan rentan terdampak COVID-19, baik KTP DKI ataupun KTP Non DKI yang bermukim di Jakarta.⁣ ⁣ Kamu bisa cek jadwal pendistribusiannya pada infografik berikut, ya!⁣ ⁣ ⁣Terima kasih atas gerak cepat jajaran pemerintah kota hingga RT-RW/ kader dasawisma, dan juga apresiasi kepada aparat TNI-Polri yang membantu pendistribusian bansos langsung ke rumah warga.⁣⁣ ⁣ #jagajakarta #Hadapibersama #JakartaTanggapCorona #PSBBJakarta #BantuSesama

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on

Seperti dikutip dari akun Instagram Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bantuan sosial tahap 7 telah didistribusikan sejak Selasa 15 September 2020 secara bertahap. Bansos bakal diberikan kepada 2,4 juta KK dengan rincian 1,3 juta orang KK didistribusikan oleh Kementerian Sosial sementara sisanya didistribusikan oleh Pemprov DKI.

Baca Juga: Dianggap Buat Rugi Negara, Mahfud MD Kritik Tata Kata Anies Baswedan

Adapun paket bantuan berisi beras 5 kg sebanyak 2 karung, sarden 155 gram 4 kaleng atau 425 gram 2 kaleng, biskuit 1 kaleng, minyak goreng 2 bungkus masing-masing 1 Liter, bihun 2 bungkus dan sabun mandi 1 batang. Ya, isi paket bantuan sosial tersebut masih sama dengan paket sebelumnya.

Bagaimana dengan jadwal pendistribusian bansosnya? Jakarta Pusat mendapat distribusi bansos paling awal yakni mulai dari 15-20 September. Adapun kecamatan di Jakarta Pusat yang mendapat bansos ini adalah kecamatan Sawah Besar, Cempaka Putih, Gambir, Johar Baru, Kemayoran, Menteng, Senen dan Tanah Abang.

Selanjutnya ada kecamatan-kecamatan di Jakarta Utara yang mulai menerima bantuan sosial dari Pemprov DKI per tanggal 16 sampai 17 September 2020. Daftar kecamatan tersebut adalah Kecamatan Cilincing, Kelapa Gading, Koja, Pademangan, Penjaringan dan Tanjung Priok.

Giliran Kotamadya Jakarta Timur yang mendapat kucuran bantuan sosial dari Pemprov DKI dan Kemensos. Kecamatan Cakung, Cipayung, Ciracas, Duren Sawit, Jatinegara, Kramat Jati, Makasar, Matraman, Pasar Rebo dan Pulo Gadung akan mendapatkan bantuan sosial pada 18-23 September 2020.

Jakarta Selatan akan mendapat distribusi bantuan sosial pada Minggu, 20-27 September 2020. Seluruh kecamatan di Jakarta Selatan seperti Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Setia Budi, Pesanggrahan dan Tebet akan mendapat bantuan sosial sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah atas perpanjangan PSBB ketat.

Empat hari berselang, giliran Jakarta Barat yang mendapat bansos ini. Tepatnya pada 24-28 September 2020, Pemprov akan membagikan bansos ke kecamatan Cengkareng, Grogol Petamburan, Kalideres, Kebon Jeruk, Kembangan, Palmerah, Taman Sari dan Tambora.

Baca Juga: Jakarta PSBB Total, Anies Baswedan Siapkan Bansos untuk Warga DKI

Terakhir, Kepulauan Seribu juga akan mendapat distribusi bantuan sosial dari Pemprov DKI Jakarta pada tanggal 29 September 2020 mendatang.

Tak hanya itu, Pemprov juga menyediakan paket bantuan sosial untuk ojek online dan Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia (SPRI) masing-masing tanggal 27 September dan 28 September 2020.

 

Leave a Reply