Tutorial Kartu Prakerja, Daftar Gelombang dan Pilih Kursus Biar Cepat Cair

Daftar Kartu Prakerja Insentif Cepat Cair
Daftar Kartu Prakerja Insentif Cepat Cair

Pemerintahan Jokowi memberikan beragam bantuan yang bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Salah satunya adalah program Kartu Prakerja yang memberikan bantuan untuk ikut kursus pelatihan skill dan juga dana insentif yang diberikan per bulan masing-masing Rp600 ribu selama 4 bulan. 

Program bantuan ini diberikan secara bertahap yang ditujukan khususnya kepada mereka yang belum mendapatkan pekerjaan atau mereka yang terdampak PHK. Meski demikian, mereka yang masih bekerja pun berkesempatan mendapatkan program bantuan ini. 

Secara terperinci pemilik Kartu Prakerja akan mendapatkan dana bantuan seperti berikut ini :

  • Bantuan dana untuk mengikuti kursus pelatihan skill sebesar Rp1.000.000
  • Bantuan dana per bulan setelah ikut kursus sebesar Rp600.000 selama empat bulan
  • Insentif tambahan Rp150.000 dari mengikuti survey

Baca Juga : Pemerintah Bakal Beri Handphone dan Kuota Gratis ke Pelajar

Sayangnya banyak masyarakat yang mengeluhkan ribetnya proses pengurusan kartu Prakerja, mulai dari proses pendaftaran hingga pencarian insentifnya. Berikut ini Familinia mencoba membagikan bagaimana cara mendaftar kartu Prakerja dan memilih kursus atau lembaga bimbingan belajar yang cepat memberikan sertifikat sehingga dana insentif bisa lebih cepat cair ke rekening.

Cara Mendaftar Kartu Prakerja

Kartu Prakerja ini akan dibuka secara bertahap dan bergelombang. Jadi jika anda gagal dalam gelombang sekarang, bisa mengikuti di gelombang berikutnya. Sebagai informasi, adapun gagal atau tidaknya mendaftar Kartu Prakerja semata-mata dikarenakan oleh jumlah kuota yang dibatasi setiap gelombangnya. Atau juga dikarenakan data yang diunggah tidak valid.

Beberapa hal yang perlu disiapkan antara lain :

  • KTP
  • Rekening Tabungan BNI (opsional)
  • Nomor Ponsel aktif
  • Akun Link Aja, Gopay, Ovo (opsional)

Setelah menyiapkan kelengkapan seperti di atas, selanjutnya silahkan mendaftar di website prakerja.go.id dengan mengisi data disi sesuai dengan yang ada di KTP. Kemudian anda akan diminta untuk memasukkan NIK dan Nomor HP untuk melakukan aktivasi akun. Pastikan nomor HP terkait dengan rekening e-wallet seperti Link Aja, Gopay atau OVO.

Selanjutnya isi formulir yang diberikan dan mengikuti tahapan evaluasi yang disediakan oleh website Prakerja. Evaluasi ini sebenarnya digunakan untuk mengetahui latar belakang anda, dan sama sekali tidak seperti ujian masuk yang ada gagal dan lulusnya.

Kemudian jika memang gelombang sedang terbuka, maka anda tinggal mendaftar saja. Namun jika gelombang masih tutup, anda harus menunggu hingga gelombang baru dibuka. Ikuti berita jadwal pembukaan gelombang di media massa. Biasanya tiap 2 minggu sekali.

Lolos dan Memilih Kursus Yang Cepat Cair

Setelah anda dinyatakan lolos pada gelombang yang anda daftarkan, selanjutnya adalah menghubungkan dengan rekening. Anda bisa memilih rekening Bank BNI jika memang memiliki, atau menggunakan e-wallet seperti Ovo, Gopay dan Link Aja menggunakan nomor HP yang aktif tadi. 

Kemudian pada halaman dashboard pekerja, akan muncul saldo Rp1.000.000 yang bisa digunakan untuk membeli kursus. Perlu diingat, anda hanya perlu ikut kursus sekali saja hingga mendapat sertifikat agar dana bantuan Rp600.000 bisa cair. 

Kalaupun anda ingin menghabiskan seluruh saldo Rp1 juta untuk kursus, juga tidak ada salahnya. Terlebih sebenarnya kursus bisa mengajarkan anda skill baru. Sisa saldo untuk kursus yang tidak digunakan, akan hangus dan kembali ke pemerintah. Jadi tidak akan bisa digunakan untuk selain membeli kursus. 

Memilih Kursus

Dalam memilih kursus agar cepat mendapatkan insentif pastikan anda memilih lembaga kursus yang memberikan materi dalam bentuk video yang bisa diakses kapan saja dan bisa diikuti begitu anda selesai membeli. 

Sebab beberapa lembaga kursus harus menyiapkan jadwal terlebih dahulu, untuk kelas yang anda ikuti. Tentu ini akan membuat proses pencairan dana insentif jadi lebih lama. Pengalaman, ada lembaga yang baru menjadwalkan kelas bimbingan setelah menunggu 2 minggu dari proses pembelian. 

Beberapa ciri dari lembaga yang menyediakan bimbingan begitu selesai anda membayar adalah, tidak memiliki jadwal kelas dan materi menggunakan video yang bisa diakses kapan saja, bukan secara live menggunakan aplikasi video conference. 

Baca Juga : Begini Cara Dapat Bantuan Rp 2,4 Juta Untuk Pelaku Usaha UMKM

Untuk proses pembelian, anda bisa menggunakan marketplace rekanan seperti Tokopedia, Bukalapak dll. Sistemnya nanti anda akan mendapatkan voucher yang harus di redeem di situs lembaga kursus. 

Setelah mengikuti kursus dan mengerjakan soal yang diberikan, anda akan mendapatkan sertifikat. Nantinya membutuhkan waktu sekitar beberapa hari agar sertifikat diterima oleh Prakerja dan kemudian insentif anda bisa mulai dicairkan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here